TUGAS 2 -Permasalahan di Indonesia saat ini-

by - Selasa, November 30, 2010

1. Pemerintah memberikan solusi HP untuk para TKI. Bagaimana tanggapan anda atas solusi tersebut??

Menurut saya solusi HP tidaklah memberikan pemecahan masalah bagi para TKI yang bekerja di luar negri. Pemerintah sebaiknya melihat akar permasalahan yang terjadi bukanlah malah memberikan solusi instant. Banyak sekali para TKI yang sudah memiliki HP tetapi tetap mendapat perlakuan yang tidak sewajarnya dari majikannya. Belum lagi adanya peraturan dari
majikan mereka yang terkadang tidak membolehkan menggunakan alat komunikasi sewaktu bekerja. Hal ini akan menimbulkan permasalahan baru dan tidak akan menyelesaikan masalah
yang terjadi. Sebaiknya dari pemerintah mempunyai undang-undang dan aturan yang kuat mengenai TKI yang bekerja di negara orang tersebut. Hal ini dilakukan agar para TKI Indonesia tidak diperlakukan dengan semena-mena dan ada hukum yang mengatur hak para TKI tersebut. Tidak adanya hukum yang tegas sehingga banyak TKI yang telah menjadi korban
dari perlakuan fisik hingga mengakibatkan melayangnya nyawa seorang TKI. Hingga adanya perlakuan seperti ini,tetapi pemerintah tidak memberikan penyelesaian dari masalah tersebut. Selain itu harus adanya perjanjian antara pemerintahan Indonesia dan negara-negara yang menjadi tempat kerja para TKI. Para TKI juga harus menandatanggani surat perjanjian antara TKI dan majikan agar tidak adanya pihak yang dirugikan.

Sebelum para TKI diberangkatkan ke negara tujuannya sebaiknya diberikan
pembekalan mengenai apa saja yang harus dilakukan ketika berada di negara orang lain. hal ini dapat mencegah perlakuan yang tidak menyenangkan oleh para majikan mereka.
Pemerintah juga haruslah menganalisa dan mengambil tindakan cepat atas apa saja penyebab
TKI tersebut mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan seperti itu dan tidak
memperlambat kasus yang terjadi seperti tidak menanggapi serius atas kasus yang terjadi saat ini.

2. Penerbangan Garuda kacau karena adanya alasan sabotase,kabel copot, pergantian sistem,dan kekurangan sumber daya manusia. Bagaimana sikap Garuda terhadap isu tersebut? dan bagaimana tanggapan anda menangapi berita ini??

Garuda merupakan salah satu penerbangan kebanggaan Indonesia yang kini mendapat kritikan dari berbagai pihak,baik dari para petinggi di negri ini maupun dari masyarakat yang sekaligus juga sebagai penumpang. Pihak Garuda sebaiknya memberikan press conference atas isu yang sedang berkembang akhir-akhir ini agar tidak menjadi simpang siur. Agar masyarakat tidak salah menilai. Karena, akibat masalah ini masyarakat menjadi punya penilaian tersendiri mengenai penerbangan di Indonesia. press conference yang dilakukan oleh pihak Garuda adalah mereka mengatakan bahwa adanya sabotase yang terjadi, kabel yang copot dan pergantian sistem yang belum dapat di sinkronisasikan dengan sistem yang terdahulu. Dalam penerbangan,seharusnya ada hal yang tidak boleh terjadi, misalkan kelalaian, keteledoran, apalagi kesengajaan terhadap sistem, hal ini harus ditelusuri secara tuntas agar tidak menimbulkan kesalahan lagi. Akibatnya membuat kepercayaan masyarakat akan penerbangan maskapai nomor satu di Indonesia menjadi luntur karena adanya hal-hal yang tidak seharusnya terjadi. bagaimana tidak Penerbangan yang menjadi kebanggaan masyarakat, dan masyarakat juga telah merasa aman ketika memilih penerbangan ini. namun, sekarang masyarakat menjadi tidak nyaman. Adanya penundaan pesawat, DELAY dan CANCEL penerbangan yang dilakukan oleh pihak Garuda. Hal ini tidak beda jauh dengan maskapai lainnya. Untuk penerapan sistem yang baru pada Garuda merupakan sustu hal yang sangat bagus sekali untuk kelancaran dan peningkatan kualitas namun,untuk menerapkan suatu sistem yang baru terlebih dahulu haruslah dibuat suatu simulasi untuk memastikan apakah sistem tersebut sudah layak untuk diterapkan agar tidak mengalami kerugian yang sangat besar seperti sekarang. Sebaiknya ini merupakan pelajaran yang harus diteliti oleh pihak Garuda agar tidak terjadi kejadian yang sama untuk kedua kalinya. Penerbangan terbaik di Indonesia sebaiknya memperhatikan dan mempersiapkan apa saja hal-hal yang harus di siapkan untuk keberangkatan pesawat agar tidak mengecewakan para penumpang yang telah memilih maskapai ini. Selain itu agar pihak Garuda juga tidak mengalami kerugian yang sangat besar akibat kelalaian kecil yang telah dilakukan oleh pohak Garuda sendiri.

3. Pemerintah akan mengganti kesultanan Jogja dengan pemerintahan. apakah anda setuju dengan hal ini?? berikan alasannya..

Saya tidak setuju dengan adanya penggantian kesultanan di Jogja. Sejak dahulu kita sudah mengenal Jogja identik dengan kesultanan. Kalaupun adanya perbedaan pendapat akan sistem pemerintahan yang ada di Indonesia ini mengapa tidak dari dulu dilakukan penggantian seperti itu. Penggantian kesultanan ini hanya akan menimbulkan permasalahan baru di Indonesia karena tidak ada angin tiba-tiba saja ada muncul tentang pemberitaan mengenai penggantian kesultanan. Apabila ingin disamakan status menjadi negara demokrasi tetapi tidak adanya keinginan dari masyarakat Jogja malah akan menimbulkan konflik di antara masyarakat dengan pemerintah. selain itu untuk melakukan pergantian kesultanan tersebut perlu melibatkan banyak pihak tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat Jogya saja tetapi masyarakat dari provinsi lainnya juga berhak untuk memberikan pendapatnya mengenai pergantian ini. jadi untuk pergantian kesultanan ini tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan saja butuh pertimbangan dari berbagai pihak terutama dari masyarakat Jogya sendiri.

You May Also Like

0 komentar