TOEFL / IELTS

by - Senin, Desember 30, 2013


Tes TOEFL atau Tes IELTS ya???

Pertanyaan ini yang sering banget muncul di benak sebagian orang (termasuk saya) disaat mereka ingin mengambil tes kompetensi bahasa Inggris. 
- Binggung lebih bagus yang mana tes nya? 
- Biayanya lebih mahal mana? 
- Tesnya lebih susah yang mana sih? 
ini kyknya pertanyaan yang paling sering saya tanyakan ke temen-temen saya :D 

Nah buat kalian yang lagi binggung ini ada beberapa perbandingan antara tes TOEFL dan tes IELTS
  • Perhatikan syarat universitas. Pada umumnya, tes TOEFL diminta oleh universitas diAmerika Serikat dan Kanada, sementara tes IELTS diterima oleh institusi di negara Australia,Inggris dan Selandia Baru. Namun, sekarang banyak universitas yang menerima kedua tes bahasa inggris tersebut, misalnya banyak universitas Amerika Serikat yang juga menerima tes IELTS. Sebaiknya, cek kembali mengenai syarat khusus yang diminta oleh universitas kamu agar mengambil tes yang tepat.
  • Biaya tes. Biaya yang harus dibayar untuk mengambil tes TOEFL adalah $175 dan untuk IELTS, biaya tes adalah $195. 
  • Cara mengambil tes. Pada umumnya, tes TOEFL yang dimaksud adalah TOEFL iBT (Internet Based Test) dimana kamu akan diminta untuk merekam semua jawaban kamu di komputer. Untuk tes IELTS, semua jawaban akan ditulis tangan, dan bagian ‘speaking section’ akan diniilai langsung oleh orang yang akan mendengar jawaban kamu. 
  • Cara penilaian tes. Tes TOEFL iBT yang terbaru memiliki nilai maksimum sebanyak 120, dimana setiap bagian (Reading, Listening, Speaking, Writing) masing-masing mempunyai nilai sebanyak 30 yang akan diakumulasikan. Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.0 
  • Bahasa Inggris yang digunakan. Tes TOEFL menggunakan bahasa inggris Amerika, sedangkan tes IELTS menggunakan bahasa Inggris British. Walaupun keduanya relatif sama, ada beberapa ejaan, idiom dan logat yang berbeda diantara keduanya 
  • Reading section. Bagian membaca di tes TOEFL akan memberi sekitar 3-5 teks bacaan diikuti dengan pertanyaan bersifat pilihan ganda. Sedangkan di IELTS, kamu akan mendapatkan 3 teks bacaan dengan pertanyaan campuran.
  • Speaking section. Dalam tes TOEFL, kamu akan merekam jawaban kamu dari enam pertanyaan pendek di sebuah computer. Di tes IELTS, kamu akan berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit dimana kamu akan ditanya berberapa pertanyaan tentang diri kamu dan tentang sebuah topik diskusi. 
  • Writing section. Kamu akan menulis dua jawaban untuk kedua tes ini. Untuk tes TOEFL, pertama kamu akan menulis 300-350 kata mengenai sebuah topik yang ditentukan, dan esai kedua akan menggabungkan kemampuan menulis dan mendangar. Sedangkan di tes IELTS, esai pertama akan berupa 200-250 kata, dan dalam bagian kedua kamu akan menyimpulkan pendapatan kamu dari sebuah informasi grafik. 
  • Listening section. Di tes TOEFL, kamu akan mendengarkan pembicaraan dan pengajaran selama sekitar 40-60 menit dimana kamu harus mencatat informasi penting untuk menjawab pertanyaan pada akhir tes. Sementara di tes IELTS, kamu akan mendengarkan berbagai jenis cuplikan audio pendek dan kamu akan menjawab pertanyaan secara langsung sambil kamu mendengar audio.
  • Kesusahan. Banyak orang yang bertanya tes manakah yang lebih mudah. Sebenarnya, hal ini berdasarkan pendapat subyektif dan kedua tes ini relatif sejajar dalam tingkat kesusahan. 
  • Durasi tes. Tes TOEFL berlangsung selama hampir 4 jam, sedangkan IELTS memiliki durasi sekitar 2 jam dan 45 menit. 
  • Tanggal dan tempat tes di Indonesia. Untuk tanggal tes berikutnya dan lokasi pengambilan tes di Indonesia, info lanjut dapat di baca di sini untuk tes TOEFL dan di sini untuk tes IELTS. 
  • Contoh soal tes. Kamu dapat melihat contoh soal TOEFL dan contoh soal IELTS untuk latihan sebelum mengambil tes.
 Source : hotcourses.co.id
 

You May Also Like

0 komentar