"Kapan punya anaknya kalo gitu?"

by - Sabtu, Agustus 18, 2018




"Kapan punya anaknya kalo gitu?" 
ujar salah satu orang kepada saya


Awalnya saya pikir pertanyaan seperti itu tidak menyakitkan.
Biasa saja.
Iya, biasa saja.
Awalnya saya berfikir seperti itu.
Sesekali memang tidak menyakitkan.
Ternyata,
Lama-kelaman dan dengan frekuensi yang agak sering, pertanyaan itu jadi pikiran dan melukai hati saya.

Tidak seperti pertanyaan dulu yang sering di lontarkan kepada saya "kapan nikah nya sih Ran?"
Kalau pertanyaan ini, saya lebih kuat mental, lebih cuek dan ga begitu peduli dengan pertanyaan orang-orang tentang "kapan nikah?"
Dan tidak ada perasaan kecil hati, sedih atau sensitif sama sekali kalau saya di tanya tentang "kapan nikah?"
Karena dasarnya saya memang cuek sekali (kata hampir semua orang yang kenal dengan saya), dan tidak pernah peduli dengan omongan orang lain.
Dan saya juga bukan tipikal yang gampang sensitif dengan suatu pertanyaan.
Teringat 2 tahun yang lalu, entah karena hal sepele apa yang sebenernya tidak perlu saya permasalahkan tetapi waktu itu saya tiba-tiba sekali sensitif (padahal ga lagi PMS) lalu ada bilang "kamu kok gitu aja sensitif? sejak kapan kamu jadi sensitif begini? selama bertahun tahun aku kenal kamu, kamu bukan tipikal orang yang sensitif kayak gini"

Awalnya memang biasa aja di tanya "udah hamil belum?"
Dan selalu saya jawab "doain donk"
Dan beberapa orang yang bertanya, memang sudah tau kondisi saat ini seperti apa.
Maksud saya, dengan kondisi yang udah mereka ketahui lalu, kenapa mesti menanyakan pertanyaan yang bisa melukai hati orang lain?
Memangnya orang yang bertanya itu berharap dan punya ekspektasi apa dengan kondisi yang sudah diketahuinya?
Belum lagi, kadang yang sedang bertanya tidak tau kondisi mood kita seperti apa, entah lagi baik atau buruk.
Kalau lagi baik, mungkin akan tetap senyum.
Sedangkan
Kalau lagi buruk yang ada kan jadi malah buat sedih orang lain.
Sungguh,
Akhir-akhir ini, saya se-sensitif itu dengan pertanyaan "kapan punya anaknya kalo gitu?"


Percayalah, 
Tidak ada satu orang pun yang sudah menikah 
tidak mau punya anak.
Semua pasangan yang sudah menikah 
pasti ingin mempunyai anak.
Anak itu titipan Tuhan.
Kita sendiri ga pernah tau kapan akan di kasi titipan itu,
lalu mengapa masih bertanya pertanyaan 
"kapan punya anaknya?" 
Belajarlah menjaga perasaan orang lain,
Bagaimana perasaan mu jika pertanyaan 
"kapan punya anak?" 
itu juga melukai perasaan adik perempuan 
atau 
kakak perempuan mu sendiri?



You May Also Like

0 komentar